Tips Nyaman Belanja Online (Konsumen Cerdas di Era Digital)



Ada yang suka belanja online gak?!
Kayaknya ada cukup banyak juga nih yang suka selain saya hehehe.

Saya sendiri sudah dari SMA terbiasa berbelanja online, itu berarti sudah hampir 10 tahun saya nyaman dengan cara belanja seperti ini. Jenis barang yang saya pernah beli ada beragam mulai dari buku, kosmetik, baju, alat elektronik hingga program komputer. Itu semua saya beli ada yang dari situs lokal maupun situs internasional dengan pengiriman dari luar negeri. Aneka jenis pembayaran saya juga pernah coba dari transfer antar bank, kartu kredit hingga menggunakan Paypal. Pokoknya lumayan lengkap deh pengalaman belanja online saya.

Alasan utama saya senang berbelanja online adalah karena pilihan yang beragam tak terbatas dan harga yang lebih murah. Hingga detik ini saya belum pernah ngerasain kejadian barang gak sampai, ketipu atau hal gak enak lainnya. Sayangnya saya sering dengar cerita gak enak tentang berbelanja online dari orang-orang, bahkan beberapa orang di sekitar saya masih ada juga yang menghindari berbelanja online dengan alasan takut. Wah saya jadi tergerak mau ngasih tips berbelanja berdasarkan pengalaman saya nih, yuk mari kita mulai…


1. Usahakan untuk belanja dari situs marketplace sebelum dari media sosial.


marketplace itu apa? itu loh yang seperti Tokopedia, Shopee, bukalapak atau lazada.
loh emangnya kenapa? karena.. 

- Ada jaminan uang kembali kalau barang gak sampai ke tangan kita.
Jaminan tukar barang kalau kita gak suka (tapi kadang ini suka tergantung kebijakan tokonya juga sih)

- Bisa bandingin harga dari barang yang sama dari beda toko, jadi bisa nemu harga yang termurah deh.


- Banyak promonya : free ongkos kirim, diskon ini itu, cashback dan lainnya (rajin cari-cari aja di situs mereka atau di media sosial official mereka)


- Bisa nilai kualitas tokonya dari rating ataupun testimonial pembeli yang terpampang jelas. Ini penting banget terutama kalau mau beli barang yang sering ada palsuan nya macam kosmetik atau produk fashion. Kita bisa nilai dari reputasi tokonya dari konsumen yang puas.


2. Kalau harus banget belanja dari toko di media sosial atau situs pribadi si toko nya, perlu banget kita pertimbangin :

- Keaslian reputasi si toko. contohnya kalau toko nya hanya ada di instagram, jangan gampang tertipu liat follower ribuan dan likes ribuan, coba pastiin dulu itu asli apa bukan, caranya bisa buka situs igaudit.io ,tinggal masukin nama instagramnya, klo jumlah real followernya di bawah 50% ,wah musti curiga klo itu toko beli follower, toko yang emang beneran baik kan gak akan bohong dan bakal punya follower real di akunnya.


- Testimonial dari pembeli. selain pedagangnya yang sering upload screenshoot chat dengan pembeli, kita bisa liat juga di bagian “photo of” si toko nya di instagram, alias siapa aja orang yang tag foto ke akun itu. Biasanya sih klo toko yang oke bakal banyak orang yang tag foto barang toko nya ke situ.


- Pilih yang ngasih syarat & ketentuan dengan jelas. kalau gak jelas terpampang, tanya ke pedagangnya, klo pedagangnya gak mau ngasih dengan jelas, udah pindah toko aja mendingan, beneran deh. Ketentuan yang perlu jelas tuh menurut saya adalah masalah produk bisa dibalikin gak klo gak sesuai, garansi jika rusak baik setelah pemakaian atau dalam perjalanan pengiriman dan nomer resi si kurir bakal dikasih pas kapan.


- Saran saya beli di toko yang memang teman atau keluarga kita udah pernah belanja di sana untuk lebih aman.


- Tampilan visual si toko. bisa dengan liat si foto-fotonya, biasanya kalau toko yang terpercaya mereka akan pakai foto dengan kualitas yang baik (gak pecah atau burem gitu) bahkan mungkin mereka foto sendiri produknya. 

3. Baca deskripsi barang dengan detail.
Jangan jadi orang yang males baca pokoknya kalau mau belanja online. Jangan sampe kita beli barang kecewa karena size yang kekecilan, gak bisa dipake, atau salah beli. Kalau perlu sampe tanya juga ke penjualnya biar lebih yakin. Bisa juga cari review produknya di internet biar lebih mantab hehehe.

4. Jangan mudah tergiur harga murah.
Siapa sih yang gak suka barang murah?! tapi hati-hati loh harga yang terlalu murah dari harga pasaran sering jadi indikasi kalau itu barang palsu atau gak punya izin resmi. 

Emang kenapa kalau barang yang kaya gitu? ya rugi lah kitanya… 
Nih ya klo produknya makanan, kosmetik atau obat gitu bahaya banget buat kesehatan tubuh kita. Kalau si produk bukan asli atau berizin resmi, gak lucu ya demi hemat beberapa rupiah eh kita malah dapet masalah kesehatan yang lebih menghabiskan uang lebih banyak dikemudian hari. 

Kalau produknya barang fashion, sebel banget gak sih kita gak bisa dapet kualitas si produk seperti yang kita harapkan? kaya sepatu atau tas palsu yang gampang rusak, buang-buang duit banget, mendingan beli produk lokal tapi asli dari pada beli brand internasional tapi yang kw deh klo saran saya.

5. Pilih kurir pengiriman yang terpercaya.
Dengan banyaknya pilihan jasa kurir jaman sekarang, pilih merk jasa kurir yang hampir gak pernah kalian denger reputasi buruknya. Soalnya dibeberapa kasus yang pernah saya dengar, ngirim barang dengan kurir dari brand sebut saja Z sering salah memproses ngirim barang, alhasil barang pesanan jadi lama sampai nya atau fatalnya hilang diperjalanan. Kalau udah kaya gini musti pinter-pinter jaga komunikasi sama si penjualnya ya buat nyari jalan tengahnya enaknya gimana.


6. Jangan ragu buat komplain (dengan cara yang benar)

Kasus barang bermasalah dipengiriman itu bukan salah pedagangnya loh ya, ini sering kejadian soalnya. Tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah ya bilang ke pedagangnya klo barang misalnya gak sampai atau rusak ketika sampai di tangan. Jangan hal pertama malah curhat atau nyinyir di media sosial kalian ya klo ada masalah dalam belanja hehehe. 

Pedagang yang benar harusnya bertanggung jawab ikut bantu kontak ke kurir nya atau ke perusahaan kurirnya hingga barang sampai ke pembeli. Kalau masalah barang rusak ya sesuai perjanjian awal bisa ditukar apa enggak dan biaya ditanggung siapa, ini dia pentingnya kita tau kebijakan toko tersebut sebelum membeli online. Kalau mau komplen ke perusahaan marketplace nya saran saya via twitter aja, lebih cepat responnya soalnya.

Selain komplain ke pedagang, menurut situs http://harkonas.id/koncer.php kita sebagai pembeli bisa juga mengadu ke :
1. Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) setempat
2. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) terdekat
3. Dinas yang menangani perlindungan konsumen di Kabupaten/Kota
4. Pos layanan informasi dan pengaduan konsumen
   Hotline : (021)3441839
   Website : http://siswaspk.kemendag.go.id
   E-mail : pengaduan.konsumen@kemendag.go.id
   Whatsapp : 0853 1111 1010
   Google Play Store : Pengaduan Konsumen


Ngomong-ngomong Kalian udah tau belum ada yang namanya Harkonas atau Hari Konsumen Nasional? jadi hari ini dibuat oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia agar konsumen mendapatkan pelayanan yang baik dan gak ada diskriminasi dalam kegiatan jual beli. 


ini nih si Koncer logo Harkonas (Hari Konsumen Nasional)

7. Usahakan belanja dari perangkat pribadi kalian dengan jaringan internet yang terpercaya.

Atas nama keamanan data personal kalian, mending kalau belanja online jangan pas memakai perangkat punya orang lain. Soalnya biasa banget kita lupa sign out atau data password kita terekam di perangkat orang tersebut. Lalu koneksi internet kalau memungkinkan jangan pas pakai wifi di ruang publik atau jaringan di tempat umum lainnya. Prinsip saya pokoknya lebih baik mencegah kecolongan data dari pada nekat terus nanggung resiko di kemudian hari.


8. Kasih pujian atau testimonial atau rating yang tinggi ke toko jika kalian puas.

Ini info yang menolong banget soalnya buat pembeli berikutnya di toko tersebut, itung-itung kita mendukung toko yang udah jualan dengan benar.



Lumayan banyak juga ya tips nya? tapi sebenernya semua poin ini mudah kok untuk dilakukan. Pokoknya jangan takut buat berbelanja online ya, tapi selalu ingat untuk membedakan yang namanya keinginan dan kebutuhan kita, biar gak kebabalasan kalau belanja hihihi. 

Selalu jadi konsumen cerdas di era digital ya teman- teman 😉

Selamat berbelanja!